METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM METODE PERFORMANCE APPRAISAL UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KUALITAS DOSEN PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN

Main Article Content

HERU KARTIKA CANDRA Ronny Mantala Said Muhammad Slamet Riyadhi

Abstract

Ukuran keberhasilan seorang dosen dalam mentransferkan ilmunya kepada mahasiswa menjadi fokus utama agar dapat digambarkan secara terukur, sehingga apa yang diberikan dapat dipahami, diterima dan diterapkan oleh mahasiswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu kualitas pengajaran.  Hampir seluruh perguruan tinggi melakukan penilaian prestasi pengajarnya. Penilaian prestasi berarti mengevaluasi kualitas pengajar saat ini dan/atau dimasa lalu relatif terhadap standar kinerjanya. Beberapa alasan untuk menilai kualitas pengajar, pertama adalah terintegasi dalam proses manajemen kinerja, kedua adalah penilaian memungkinkan atasan dan bawahan menyusun sebuah rencana untuk mengkoreksi semua kekurangan yang ditemukan, ketiga adalah penilaian dibutuhkan untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan dari pengajar yang berguna untuk perencanaan karier bagi pengajar itu sendiri.


Ada beberapa alat bantu yang sudah umum digunakan untuk melakukan penilaian prestasi pengajar yaitu dengan metode performance appraisal. Akan tetapi performance appraisal memiliki beberapa kelemahan (Dessler, 2008) diantaranya adalah: penilaian subyektif, terjadi efek halo, kecenderungan terpusat, dipengaruhi oleh umur, ras dan jenis kelamin. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem teknis penilaian pada performance appraisal, agar lebih mendapatkan penilaian yang lebih dapat dipertanggungjawabkan.


Pada penellitian sebelumnya yang dilakukan oleh penulis, metode yang dipakai dalam proses pengukuran dengan parameter dalam metode performance appraisal yaitu dengan menggunakan metode Logika Fuzzy Mamdani dimana tujuannya untuk melakukan penilaian prestasi pengajar dengan cara memperbaiki metode penilaian dari performance appraisal dari parameter-parameter yang dimiliki, sehingga dapat dipergunakan sebagai sistem penunjang keputusan.  Hasil yang diperoleh dalam pengukuran dengan metode Logika FuzzyMamdani dilihat dari tingkat akurasi sebesar 60% ketepatan perhitungan dibandingkan dari penggunaan metode performance appraisal.  Setelah melakukan pengembangan metode yaitu dengan menggunakan metode Fuzzy Analiytic Hierarchi Process hasil yang diperoleh dapat miningkatkan tingkat akurasi perhitungan sampai mencapai 93%, mengingat dalam metode FAHP, parameter yang menjadi variable perhitungan akan di analisa dulu tingkat konsistensinya sehingga layak untuk digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
CANDRA, HERU KARTIKA et al. METODE FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS DALAM METODE PERFORMANCE APPRAISAL UNTUK MENENTUKAN TINGKAT KUALITAS DOSEN PADA JURUSAN AKUNTANSI POLITEKNIK NEGERI BANJARMASIN. POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 4, n. 2, p. 68-77, nov. 2018. ISSN 2460-9552. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/608>. Date accessed: 25 may 2019. doi: https://doi.org/10.31961/positif.v4i2.608.
Section
Articles

References

Chang, D.Y. (1996). “Applications of Extent Analysis Method on Fuzzy AHP”. European Journal of Operational Research, 95, 649-655.
Eniyati, S. (2010). Sistem pendukung keputusan pemilihan dosen berprestasi menggunakan metode AHP:: Studi kasus pada UNISBANK Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada)..
Kusrini. (2007). “Konsep dan Aplikasi Penunjang Keputusan”. Andi Publisher. Yogyakarta.
Kusumadewi, S., Hartati, S., Harjoko, A., & Wardoyo, R. (2006). Fuzzy Multi-Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 78-79..
Latifah, S. (2005). Prinsip-prinsip Dasar AHP.
MADCOM, L. K. (2007). Panduan Lengkap Borland Delphi 7 edisi 2. Yogyakarta: Andi.
Munawar. (2005). Pemodelan Visual dengan UML. Jakarta: Graha Ilmu.
Saaty, T.L. (1986). Decision Making for Leaders: The Analytical HierarchyProcess for
Decision in ComplexWorld, University of Pittsburgh,USA.
Parwati, N.M.D. (2010). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi
Menggunakan Metode AHP. Surabaya : STIKOM Surabaya.
Shalahuddin, M., Rosa A. S. (2011). “Rekayasa Perangkat Lunak”. Modula. Bandung.
Turban. (2005). ”Decision Support System and Intelligent System (Sistem Pendukung
Keputusan Dan Sistem Cerdas) Jilid 1”. Andi Offset. Yogyakarta.
Trianto, H., Fariza, A., Kom, S., Kom, M., & Basofi, A. (2011). SISTEM INFORMASI PERIJINAN DAN MONITORING PAPAN REKLAME BERBASIS WEB GIS DENGAN FUZZY-AHP SEBAGAI
METODE PEMILIHAN LOKASI PAPAN REKLAME (STUDI KASUS SURABAYA PUSAT). EEPIS Final Project.Vanany, I. (2009). Model dan Aplikasi (Cetakan ke–2 revisi).. Surabaya
Yanuar, Y., & Hakim, L. (2004). Pemrograman Delphi dengan Database Microsoft SQL Server. Jakarta: Elek Media Komputindo.