Sistem Informasi Geografis Sebagai Pendukung Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (Rthkp) Kota Banjarmasin

Authors

  • Subandi Subandi Politeknik Negeri Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.424

Keywords:

GIS, RTKHP, Kawasan Hijau

Abstract

Sistem informasi geografis atau singkatnya SIG merupakan suatu sistem yang berbasis komputer dan mampu menghasilkan informasi angka maupun peta aktual. SIG memiliki kemampuan memvisualisasikan suatu informasi yang berguna untuk merencanakan, mengelola serta memantau perkembangan suatu pekerjaan geografis.

SIG juga digunakan untuk mengumpulkan, menyimpan, menggabungkan, mengatur, mentransformasi, memanipulasi dan menganalisis data – data yang erat kaitannya dengan bidang spasial dan geo-informasi. Salah satu perangkat lunak yang banyak digunakan adalah MapInfo Professional yang mempunyai karakteristik yang menarik, mudah digunakan, User Friendly dan memiliki tampilan yang interaktif. MapInfo Professional telah terbukti menjadi tool yang powerfull dalam sistem informasi geografis.

Dengan teknologi Program Sistem Informasi Geografis Sebagai Pendukung Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (RTHKP) Kota Banjarmasin, bisa memberikan informasi lahan-lahan mana saja yang sesuai untuk RTHKP secara cepat, tepat dan sesuai dengan keadaan sesungguhnya dan juga sebagai sarana bantu dalam mengambil suatu keputusan dalam perencanaan dan penataan RTHKP kota Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Pardosi, M. (2005). Microsoft Visual Basic 6.0 : Untuk Windows 98, 2000, NT, XP. Surabaya : Dua Selaras.

Prahasta, E. (2005). Sistem Informasi Geografis: Aplikasi Pemograman Mapinfo. Bandung : Informatika.

Prahasta, E. (2006). Sistem Informasi Geografis: Belajar dan Memahami Mapinfo. Bandung : Informatika.

Ramadhan, A. (2004). 36 Jam Belajar Komputer: Visual Basic 6.0. Bogor : Elex Media Komputindo

Triangga, G. (2007). Konsep Dasar Sistem Informasi Geografi (SIG). http://bukukomputer.blogspot.com/2007/03/konsep-dasar-sistem-informasi-geografis.html.

Published

2017-12-10

How to Cite

Subandi, S. (2017). Sistem Informasi Geografis Sebagai Pendukung Penataan Ruang Terbuka Hijau Kawasan Perkotaan (Rthkp) Kota Banjarmasin. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 3(2), 106–112. https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.424