Estimasi Volume Sampah Domestik Di Kota Banjarmasin Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Studi Kasus : Kecamatan Banjarmasin Selatan)

Main Article Content

Darmawani Darmawani Ferry Sobatnu Henyningtyas Suhel Khairiya Hidayanti

Abstract

Kota akan selalu berhubungan erat dengan perkembangan lahan baik dalam kota itu sendiri maupun pada daerah yang berbatasan atau daerah sekitarnya. Wilayah perkotaan identik dengan permukiman padat. Dari tahun ke tahun kebutuhan akan lahan permukiman semakin banyak seiring dengan peningkatan jumlah penduduk. Tingginya jumlah penduduk berpengaruh juga terhadap volume sampah domestik yang dihasilkan. Sampah merupakan salah satu penyebab rusaknya lingkungan kota jika tidak dikelola dengan baik. Permasalahan mengenai sampah tidak dapat lepas dari kehidupan dan lingkungan kehidupan manusia.


 Untuk mengetahui estimasi volume sampah domestik di Kecamatan Banjarmasin Selatan menggunakan analisis spasial SIG (Sistem Informasi Geografis). Objek studi adalah Kecamatan Banjarmasin Selatan. Metode yang digunakan yaitu interpretsi citra dan Survei lapangan untuk mengetahui jumlah penduduk rata-rata perumah mukim yang kemudian di proses pada program ArcGIS 10.3 dan penyajian peta berserta informasinya.


Dalam hasil survey lapangan dan proses pengolahan data menggunakan sistem informasi geografis menghasilkan peta kepadatan penduduk, estimasi volume sampah di Kecamatan Banjarmasin Selatan. Total volume sampah yang di hasilkan seluruh kelurahan adalah 479,4 m3/hari. Untuk jumlah kelurahan yang paling banyak menghasilkan sampah ialah Keluarahan Pemurus Dalam sebanyak 74,9 m3 sedangkan untuk kelurahan yang paling sedikit menghasilkan sampah ialah Kelurahan Kelayan Barat sebanyak 23,6 m3.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
DARMAWANI, Darmawani et al. Estimasi Volume Sampah Domestik Di Kota Banjarmasin Menggunakan Sistem Informasi Geografis. POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 88 - 92, dec. 2017. ISSN 2460-9552. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/415>. Date accessed: 20 nov. 2019. doi: https://doi.org/10.31961/positif.v3i2.415.
Section
Articles

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Kecamatan Banjarmasin Selatan. 2016.Jumlah Penduduk Dan Kepadatan Penduduk. Banjarmasin. Diakses < https://banjarmasinkota.bps.go.id/>

Prahasta,Eddy. 2001. Konsep-Konsep Dasar Sistem Informasi Geografis, Penerbit Informatika Bandung. Bandung.

Setyawati, Dian. 2008. Arahan Pemanfaatan Kembali Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah ( Studi Kasus: TPA Putri Cempo, Kota Surakarta). Tugas Akhir. Semarang: Universitas Diponegoro.

Suhel, Henyningtyas. 2015. Analisis Spatial Sistem Informasi Geografi Estimasi Volume Sampah Domestik Surabaya Barat. Thesis Magister Teknik Geomatika, Surabaya: Institut Teknologi Surabaya.

Yuliani, Eva. 2016. Pemetaan Potensi Lokasi Rawan Kebakaran Di Kota Banjarmasin Menggunakan Sistem Informasi Geografis (Sig) Studi Kasus: Banjarmasin Selatan. Tugas Akhir Teknik Geodesi, Banjarmasin : Politeknik Negeri Banjarmasin

Yuliantika, Grivina. 2013. Karakteristik Citra Dari Resolusi Tinggi Dan Resolusi Rendah. Diakses