Analisa Pola Kelulusan Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer ASIA Malang Dengan Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3)

  • Dwi Anggih Yosepta
  • Tria Aprilianto

Abstract

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer ASIA Malang merupakan salah satu sekolah tinggi yang berada dalam lingkup pembinaan Kopertis Wilayah VII Jawa Timur yang dituntut untuk dapat menghasilkan lulusan dengan mutu yang baik. Tetapi kenyataannya tingkat kelulusan pada setiap angkatan masih terbilang cukup rendah bahkan tidak sedikit mahasiswa yang harus di dropout. Berdasarkan data mahasiswa lulus angkatan 2008-2011, rata-rata kelulusan mahasiswa sebesar 47%. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pola kelulusan mahasiswa berdasarkan data induk mahasiswa serta riwayat perkuliahannya.


Algoritma ID3 atau Iterative Dichotomiser 3 merupakan algoritma yang dapat digunakan untuk menganalisa pola kelulusan mahasiswa. Analisa dilakukan dengan cara menghitung entropy dan information gain pada setiap atribut yang selanjutnya membentuk pohon keputusan. 


Hasil penelitian ini diperoleh pola kelulusan mahasiswa yang kemudian dapat di generate menjadi pohon keputusan. Atribut yang mempengaruhi kelulusan mahasiswa adalah Indeks Prestasi Semester. Dari 1089 data yang digunakan untuk penelitian dihasilkan 27 pola/rule dan tingkat akurasi yang dihasilkan oleh perangkat lunak cukup baik yaitu 99,39% dengan pengujian yang dilakukan terhadap 163 dataset yang diambil secara acak. Sedangkan pengujian dengan data baru dihasilkan akurasi sebesar 100% dengan menguji 69 data.

Published
2017-07-08
How to Cite
YOSEPTA, Dwi Anggih; APRILIANTO, Tria. Analisa Pola Kelulusan Mahasiswa Pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika & Komputer ASIA Malang Dengan Menggunakan Algoritma Iterative Dichotomiser 3 (ID3). POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 47-55, july 2017. ISSN 2460-9552. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/398>. Date accessed: 20 sep. 2017.