Rancang Bangun Aplikasi Chatting Berbasis Web Menggunakan Docker

  • Firlya Adinta

Abstract

Perkembangan teknologi informasi diiringi oleh perkembangan perangkat – perangkat pendukungnya memudahkan pengguna teknologi untuk membantu pekerjaannya sehari-hari dan dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Aplikasi chatting berbasis web merupakan salah satu alternatif yang dapat digunakan jika pengguna tidak ingin melakukan instalasi terhadap aplikasi chatting di ponselnya atau didesktop. Dalam pembuatan aplikasi chatting ini menggunakan teknologi virtual mesin yang digunakan untuk menjalankan suatu aplikasi. Teknik kontainerisasi (virtualisasi berbasis container) hadir sebagai solusi dari peningkatan jumlah aplikasi web yang harus dihosting harus diikuti dengan peningkatan kualitas ataupun kuantitas sumber daya. Docker adalah salah satu software yang mengadopsi teknik kontainerisasi dan semakin banyak diterapkan di dalam lingkungan pengembangan aplikasi. Penelitian  ini mencoba untuk melakukan rancang bangun  aplikasai chatting berbasis web menggunakan teknologi docker dalam pembuatan apliakasi chatting.

References

[1] Evy , N., 2012. ANALISIS DAN PERANCANGAN WEB SERVER PADA HANDPHONE. Sistem Informasi, 5(2), pp. 1-17.

[2] M. Agung Nugroho, M., & Katardi, R. (n.d.). ANALISIS KINERJA PENERAPAN CONTAINER UNTUK LOAD BALANCING WEB SERVER PADA RASPBERRY PI. JIPI, 7-15.

[3] Onno, W. P., 2011. Cloud Computing Mengunakan Open Source. 1st ed. Jakarta: One Destination Center .

[4] Priyanto, D. (2009). Belajar Mudah Internet. In D. Priyanto, Belajar Mudah Internet; Browsing, Download-Upload, E-Mail, Chatting, mailing list, Friendster, Blog dan Facebook (p. 28). Jakarta: MediaKom.

[5] Rohmat, H., Edhy , S. & Suwanto , R., 2014. PENGONTROLAN VPS (VIRTUAL PRIVATE SERVER) SEBAGAI SERVER RADIO STREAMING VIA ANDROID. JARKOM , 2(1), pp. 99-107.
Published
2017-07-08
How to Cite
ADINTA, Firlya. Rancang Bangun Aplikasi Chatting Berbasis Web Menggunakan Docker. POSITIF : Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 20-24, july 2017. ISSN 2460-9552. Available at: <http://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/394>. Date accessed: 17 nov. 2017.

Keywords

Aplikasi Chat, Mesin Virtual, Docker, kontainerisasi, web-based.