Analisis Kinerja IP PBX Server Pada Single Board Circuit Raspberry PI

Authors

  • Aidin Najihi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • I Wayan Mustika Universitas Gajah Mada
  • Widyawan Widyawan Universitas Gajah Mada
  • Effan Najwaini Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Raspberry PI merupakan sebuah komputer mini berukuran kartu kredit yang memiliki kemampuan komputasi yang sangat bagus. Komputer dengan ukuran yang sangat kecil memiliki keunggulan dalam flexibilitas serta penggunaan energi. Raspberry dapat dikembangkan menjadi banyak kegunaan dalam dunia komputer. Konsumsi daya Raspberry sangat rendah yang sangat berguna untuk membuat aplikasi mobile yang hemat energi.

Pada penelitian ini akan dibuat sebuah server IP PBX menggunakan Asterisk yang di-install pada single board circuit Raspberry PI. Pengujian dilakukan untuk untuk mengetahui kinerja Raspberry PI sebagai server IP PBX yang meliputi jumlah panggilan yang mampu dilayani serta banyaknya panggilan bersamaan yang mampu dilayani dengan menggunakan codec yang berbeda. Sebagai perbandingan, akan dilakukan juga pengujian terhadap IPPBX server Asterisk menggunakan PC.

Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan, Raspberry PI sebagai IP PBX server mampu menangani 60 kedatangan panggilan perdetik tanpa adanya panggilan yang gagal diproses. Raspberry PI juga mampu menangani 110 panggilan bersamaan untuk codec GSM-GSM, 100 panggilan bersamaan untuk codec G711-G711 dan 70 panggilan bersamaan untuk transcoding GSM-G711.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2016-05-31

How to Cite

Najihi, A., Mustika, I. W., Widyawan, W., & Najwaini, E. (2016). Analisis Kinerja IP PBX Server Pada Single Board Circuit Raspberry PI. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/280