PENERAPAN MODEL E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH PRODUK SASIRANGAN KOTA BANJARMASIN

Authors

  • Abdul Rozaq Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Raden Kelik Hardinto Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Ramadani Ramadani Politeknik Negeri Banjarmasin

Abstract

Keunggulan bersaing dalam pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) sangat dipengaruhi oleh bagaimana cara mengenalkan produk yang dihasilkan, baik di wilayah sekitar atau regional maupun di wilayah yang jangkauannya lebih luas seperti nasional dan international. Metode dalam memperkenalkan produk-produk yang dihasilkan oleh para pengusaha diantaranya memasang iklan baik di media masa maupun di media elektronik. Akan tetapi metode tersebut dirasa kurang efisien dikarenakan memerlukan biaya yang cukup besar, sedangkan para pengusaha kecil dan menengah akan berpikir ulang jika diawal usahanya mereka harus mengeluarkan banyak biaya hanya untuk memperkenalkan produk yang mereka hasilkan.

Di Kalimantan Selatan khususnya di kota Banjarmasin, sudah banyak berkembang UKM yang bergerak dibidang produksi batik khas Sasirangan. Dimana mereka akan cukup terbebani jika dalam memperkenalkan produk yang dihasilkan harus mengeluarkan biaya yang cukup besar. Oleh karenanya perlu diberikan satu solusi yang dapat membantu para pengusaha untuk dapat memperkenalkan produk yang dihasilkan yang sifatnya hanya perlu biaya yang tidak terlalu besar, jangkauan informasi yang disampaikan cukup luas, dan ditambah lagi dapat mengikuti trend yang sedang up to date, serta dapat meningkatkan daya saing produk sasirangan tersebut baik regional, nasional, maupun internasional. Salah satu bentuk atau cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan model E-Commerce, yaitu pemasaran yang dilakukan secara Online. Mulai dari memperkenalkan produk, pemesanan produk, pembayaran tagihan, sampai pengiriman produk ke tujuan.

Dalam pengembangan sistem ini akan menerapkan metodologi Software Development Life Cycle, yang kegiatannya terdiri dari analisis, desain, dan implementasi. Yang bertujuan supaya model E-Commerce yang diterapkan ini benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Adapun teknologi yang digunakan adalah menggunakan pemrogramman web dengan database, sehingga semua kegiatan proses pemasaran online ini tetap bisa terorganisir dengan baik yang tentunya hanya memerlukan sedikit biaya, dan tidak kalah pentingnya dapat meningkatkan daya saing produk sasirangan yang dihasilkan oleh para pengusaha UKM yang ada di kota Banjarmasin.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Fatta Hanif Analisa dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing dan Organisasi Modern [Book]. - Yogyakarta : Penerbit Andi, 2007.

Beynon and Davies Information System : Theory and Practice [Book]. - Canada : John Wiley & Sons Inc, 2004.

Chendramata Interoperabilitas Sistem Informasi [Book]. - Jakarta : Direktorat Sistem Information-Depkominfo, 2009.

Fathansyah Sistem Basis Data [Book]. - Bandung : Informatika, 2004.

Hidayat Taufik Panduan Membuat Toko Online dengan OS Commerce [Book]. - Jakarta : Media Kita, 2008.

Jagoda Kalinga The Use of Electronic Commerce by SMEs [Journal]. - Canada : Entrepreneurial Practice Review, 2010. - 3 : Vol. 1.

Jogiyanto HM, Prof., Dr. MBA Analisa & Desain Sistem Informasi: Pendekatan terstruktur teori dan praktik aplikasi bisnis [Book]. - Yogyakarta : CV Andi Offset, 2005.

Kementerian KUKM Kinerja Kebangkitan Koperasi dan UMKM menuju Kesejahteraan Rakyat [Report]. - Jakarta : Kementerian KUMKM, 2011.

Nugroho Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan Mysql [Book]. - Yogyakarta : G Avamedia, 2004.

Partomo Titik Sartika and Soejoedono Abdul Rachman Ekonomi Skala Kecil Menengah & Koperasi / GAI [Book]. - Bogor : Ghalia Indonesia, 2004.

Renggasari Synthiar Perkembangan E-Commerce di Indonesia [Book]. - Bandung : Universitas Pasundan, 2012.

Salim Mairaj Impact of E-Commerce on Business Values in Service Organisation [Report]. - India : Departement Of Business Administration Faculty Of Management Studies And Research Aligarh Muslim University Aligarh, 2002.

Seman Muhammad The Art Computer Plrogramming : Sorting and Searching [Book]. - Yogyakarta : Andi Publisher, 2010.

Sutabri Konsep Sistem Informasi [Book]. - Bandung : Informatika, 2003.

Sutanta S.T, Eddy Sistem Informasi Manajemen [Book]. - Yogyakarta : Graha Ilmu, 2003.

Suyanto M Strategi Periklanan Pada E-Commerce Perusahaan Top Dunia [Book]. - Yogyakarta : ANDI Publisher, 2003.

Vercellis Carlo Business intelligence : data mining and optimization for decision making [Book]. - Chichester : John Wiley & Sons, 2009.

Wawan and Munir Management Information System [Book]. - Semarang : Andi Publisher, 2006.

Downloads

Published

2016-05-31

How to Cite

Rozaq, A., Hardinto, R. K., & Ramadani, R. (2016). PENERAPAN MODEL E-COMMERCE GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING USAHA KECIL DAN MENENGAH PRODUK SASIRANGAN KOTA BANJARMASIN. POSITIF : Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi, 1(2). Retrieved from https://ejurnal.poliban.ac.id/index.php/Positif/article/view/213